Wednesday, April 10, 2013

Kubus dan Balok [MIKRO ANGELA]

Teori kecerdasan majemuk yang diungkapkan Gardner menjelaskan bahwa seorang siswa akan dapat mempelajari suatu materi dengan baik apabila materi tersebut disampaikan sesuai dengan kecerdasan yang menonjol pada siswa tersebut. Oleh karena kecerdasan siswa beragam, dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk dapat memfasilitasi setiap kecerdasan yang ada. 

Kubus dan Balok
Kubus dan Balok

Asas pembelajaran di RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) mengamanatkan untuk melibatkan kecerdasan majemuk dalam proses pembelajaran matematika. artikel ini mencoba mendeskripsikan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan pada materi balok dan kubus di kelas VIII RSBI-SMP yang melibatkan delapan jenis kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan verbal/linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual/spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Beberapa aktivitas yang dimaksud adalah berkunjung ke pos-pos informasi untuk mengidentifikasi unsur dan sifat balok dan kubus, menggulung model kubus/balok untuk menemukan jaring-jaring kubus/balok, menyelesaikan soal di “Seeker Card”, mengerjakan dan mempresentasikan hasil kerja LKS secara berkelompok, menuliskan refleksi selama mengikuti pembelajaran di “Reflection Card”, dan menyanyikan lagu “Cuboid and Cube”.Makalah ini merupakan bagian dari hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang melibatkan kecerdasan majemuk pada materi balok dan kubus untuk kelas VIII SMP.

Link Download :
Judul: Kubus dan Balok [MIKRO ANGELA]; Ditulis oleh echo sd; Rating Blog: 5 dari 5
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

6 comments:

  1. baru tahu ane gan tentang ini gan thank's ya gan infonya gan,,

    ReplyDelete
  2. izin download gan ... tahnks infonya

    ReplyDelete
  3. pencerahan yang bagus
    tp bagaimana untuk download, its locked :(

    ReplyDelete
  4. pencerahan yang baus
    tapi bagaimana untuk downloadnya, its locked :(

    ReplyDelete
  5. maaf, saya lagi butuh banget referensi contoh rpp yang melibatkan kecerdasan majemuk. tapi, link diatas tidak bisa terbuka. makasih

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, Komentar anda dapat dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu.


Terimakasih Atas Kunjungan Anda



Andrias Eka Fajar Darmawan
( Admin )