Sunday, November 11, 2012

Optimasi Penulisan Artikel Agar Terindeks Akurat di Search Engine

ECHO 17 - Blogger dengan Interface terbaru telah mengaktifkan beberapa fitur penting untuk setting penulisan artikel agar terindeks akurat di search engine.  Fitur ini memungkinkan anda untuk mengatur preferensi pencarian artikel oleh search engine, serta bagaimana mengelola blog anda agar memiliki aspek penting saat di crawl oleh search engine.  Hal ini menjadi penting, agar setiap artikel yang anda publikasikan bisa mendapatkan rangking yang baik, di search engine atau minimal bisa mendapatkan tempat pada halaman pertama mesin pencari saat di search oleh pengguna internet.


Untuk memastikan agar artikel yang anda publikasikan dapat terindeks dengan akurat oleh search engine, berikut ini adalah pengaturan pada blogspot yang perlu anda lakukan :

Hal pertama, perhatikan pengaturan
"Search Preferens" yang terletak di bawah menu "Settings".
search preferences

Pada bagian ini terdapat sub-bagian pengaturan seperti : Meta Tags, Errors and Redirections dan Crawlers and Indexing.  Jika anda mengaktifkan fitur ini, seperti Search Description dan Custom robots header tags maka pengaturan ini juga akan muncul di area "Post Settings" dan dapat anda atur pada saat membuat artikel baru.  Misalnya, untuk membuat deskripsi artikel yang akan tampil pada search engine pilih radio button Yes pada pengaturan Enable search description yang terdapat di bawah pengaturan Meta tags kemudian klik tombol Save changes.

Pada saat anda membuat sebuah artikel baru, alihkan perhatian pada bagian sebelah kanan halaman editor anda, dan buatlah descripsi artikel yang akan tampil pada search engine, penulisan deskripsi usahakan tidak lebih dari 150 karakter, gunakan tools COUNT characters yang terdapat pada side bar blog ini.  Sebaiknya setiap artikel diberi Label dan akan lebih baik jika label yang anda gunakan juga merupakan keyword yang terpasang pada Meta tag Keywords blog anda.
labe search description
 
Fitur lain yang tidak kalah penting dari blogspot adalah mengaktifkan atau mengatur “Page Not Found” atau broken link dari blog anda yang mungkin ditemukan oleh pengunjung blog (misalnya pesan error "404").  Anda dapat mengatur fitur ini, yang terletak di bawah menu Errors and Redirections pada sub menu Custom Page Not Found dan Custom Redirects, untuk mengaturnya lihat gambar di bawah ini dan jangan lupa tekan tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.
page not found

Jika anda memasukkan image atau gambar dalam artikel anda, manfaatkan fitur baru dari blogspot, yaitu kemampuan untuk menambahkan dan menggabungkan "alt" dan "title" tag pada properti image.
image alt tag

Anda juga akan menemukan sebuah "rel = nofollow" atau atribut link, saat anda memasukkan link pada penulisan artikel.  Memilih pilihan ini berarti bahwa Anda tidak ingin link ini harus dipertimbangkan terlebih dahulu ketika crawler search engine bekerja untuk mengindeks halaman artikel Anda.
edit link

Alhamdulillah... inilah tips sederhana dalam setiap penulisan artikel yang kami posting di blog ini.  Ooo ya.. masih ada satu tips yang ketinggalan, yaitu untuk penulisan judul artikel agar tidak lebih dari 60 karakter, ini adalah pesan dari para pakar SEO Blogger.  Untuk mengatur File robots.txt dan fitur Robots Header Tags saya tulis pada artikel terpisah.
Judul: Optimasi Penulisan Artikel Agar Terindeks Akurat di Search Engine; Ditulis oleh echo sd; Rating Blog: 5 dari 5
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

2 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, Komentar anda dapat dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu.


Terimakasih Atas Kunjungan Anda



Andrias Eka Fajar Darmawan
( Admin )