Saturday, October 20, 2012

Geogebra, Software Matematika Gratis

ECHO 17 - Sebagai seorang guru atau mahasiswa matematika, kadang kita merasa kesulitan dalam menggambar bangun bangun geometris, diagram, kurva, dsb. Namun sekarang tidak perlu bingung, sebab sudah ada software  opensource (perangkat lunak bebas dan sumber terbuka)yang bisa diunduh gratis untuk menyelesaikan problem matematika. Namanya GeoGebra. Detailnya sebagai berikut:

GeoGebra merupakan sofware matematika yang dapat menggabungkan konsep geometri dinamis, aljabra dan kalkulus. Atau dengan bahasa lain software ini dapat menunjukkan bentuk geometri dari suatu persamaan fungsi aljabra atau kalkulus. Hal sebaliknya juga dapat dilakukan yaitu jika kita menggambarkan suatu bentuk geometri maka software ini akan menunjukkan persamaan fungsi dari bentuk geometri tersebut. Tentunya software ini sangat bermanfaat untuk pengajaran konsep keterhubungan antara suatu fungsi aljabar dan geometri baik di tingkat Dasar atau Menengah. Apalagi software ini dapat digungakan secara gratis. Sebagai contoh saya mencoba membuat grafik dari 2 buah persamaan yaitu  x2 + y2=9 dan x+y=3. Dengan mengetikkan persamaan tersebut (satu persatu) ke dalam kotak input di bagian paling bawah maka akan tercipta grafiks seperti pada gambar di bawah. Atribut dari tiap grafik pun dapat diubah sesuai dengan yang diinginkan.

GeoGebra adalah software matematika dinamis untuk pendidikan di sekolah menengah yang menghubungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamis. Kita dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, segmen, garis, bagian berbentuk kerucut serta fungsi dan mengubahnya secara dinamis sesudahnya. Di sisi lain, persamaan dan koordinat dapat dimasukkan secara langsung. Dengan demikian, GeoGebra memiliki kemampuan untuk menangani variabel untuk angka, vektor dan titik, menemukan turunan dan integral fungsi. GeoGebra Mendukung Bahasa Indonesia.


LINK Download :  GeoGebra.

Judul: Geogebra, Software Matematika Gratis; Ditulis oleh echo sd; Rating Blog: 5 dari 5
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, Komentar anda dapat dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu.


Terimakasih Atas Kunjungan Anda



Andrias Eka Fajar Darmawan
( Admin )